ITINERARIES

Day 1-2 : Jakarta - Dubai - Casablanca - Marrakech

Day 3

Casablanca - Marrakech

Casablanca yang berarti “rumah putih” merupakan kota terbesar di Maroko dan merupakan kota terpenting di Afrika, baik secara ekonomi dan demografis. Pelabuhan di Casablanca merupakan yang terbesar di dunia dan juga di Afrika, selain itu merupakan pusat dari angkatan laut Maroko. Daerah yang sekarang ini disebut Casablanca, didirikan oleh suku Berbers. Dulu digunakan sebagai pelabuhan oleh Phoenicians kemudian bangsa Romawi. 

Marrakech merupakan kota besar di barat laut Maroko. Terletak di kaki pegunungan Atlas dan hanya beberapa jam dari gurun Sahara. Seperti layaknya kota di Maroko, Marrakesh dihiasi oleh pedagang dan kios, berbatasan dengan lingkungan modern, yang paling menonjol adalah Guéliz. Sekarang merupakan kota tersibuk di Afrika dan berfungsi sebagai pusat ekonomi dan tujuan wisata. Marrakesh merupakan kota yang penuh dengan kehidupan dan antusiasme. Anda akan terpesona oleh pemandangan dan cendera mata yang ditawarkan.

Day 4

MARRAKECH - Rabbat - Fes

Rabat, ibukota Maroko, terletak di sepanjang tepi Sungai Bouregreg dan Samudra Atlantik. Tempat ini terkenal dengan landmark yang berbicara tentang warisan Islam dan Prancis-kolonialnya, termasuk Kasbah Udayas. Benteng kerajaan era Berber ini dikelilingi oleh taman-taman formal yang dirancang Prancis dan menghadap ke laut. Menara Hassan yang ikonik di kota ini, menara abad ke-12, menjulang di atas reruntuhan masjid.

Di sebelah Menara Hassan adalah Mausoleum Mohammed V, dinamai untuk sultan dan raja Maroko abad ke-20 yang dimakamkan di dalam dinding-dindingnya yang dilapisi mosaik. Medina berdinding Lining Rabat, seperempat mirip labirin, adalah kios pasar yang menjual kerajinan tangan tradisional, karpet, dan rempah-rempah. Di kawasan modern kota ini (Ville Nouvelle), Museum Arkeologi menampilkan banyak koleksi patung kuno dan artefak lainnya dari seluruh Maroko. Di antara mereka adalah temuan dari Chellah, tanah pemakaman Islam yang dibangun di atas reruntuhan Romawi kuno, yang terletak tepat di luar Rabat modern.

Fes merupakan kota kedua terbesar di Maroko, dengan populasi sekitar 1 juta. Fes memiliki dua Old Medina, yang terbesar adalah Fes el Bali. Fes terdaftar sebagai situs warisan dunia UNESCO dan diyakini menjadi salah satu daerah perkotaan bebas mobil di dunia. Terkenal karena keberadaan universitas tertua di dunia, Qarawiyyin University. Selain itu, Fes memiliki tembok kota kuno, yang banyak dibandingkan dengan dinding Kota Yerusalem.  Fes adalah manifestasi budaya dan spiritual dari Maroko dan anda akan merasakan semangatnya.

Day 5

Fes - Tangier

Tangier adalah kota di sebelah utara Maroko yang mempunyai populasi sekitar 850.000 jiwa. Terletak di pantai utara Afrika, di pintu masuk barat Selat Gibraltar. Memiliki sejarah yang sangat kaya karena dahulu terdapat banyak peradaban dan budaya yang tercatat dari abad ke-5 SM. Tangier dapat dibagi menjadi tiga bagian yang berbeda: The Old Medina (kota tua – jalan-jalan di Medina dan saksikan perbedaan arsitektur Andalusian, Moorish, colonial dan Moroccan), The Kasbah (benteng kuno yang dulunya merupakan benteng pertahanan kota) dan The New City.

Day 6

Tangier - Tarifa - Marbella - Granada

Tarifa adalah kota kecil yang terletak di pantai ujung selatan Spanyol. Tarifa merupakan bagian dari provinsi Cádiz, yang merupakan bagian dari wilayah Andalusia.
Nama kota ini diambil dari Tarif bin Malik, Pemimpin Ekspedisi Umat Islam pertama ke Spanyol.
Pada malam hari, lampu-lampu kota ini dapat terlihat dari Maroko, yang berada di seberang Tarifa dipisahkan oleh Selat Gibraltar.

Marbella (dibaca Marbeya) adalah adalah sebuah kota dan kotamadya di Spanyol selatan, milik provinsi Málaga di komunitas otonom Andalusia.

Marbella terletak di Laut Mediterania, antara Málaga dan Selat Gibraltar, di kaki bukit Blanca Blanca. Ini adalah salah satu kota wisata paling penting di Costa del Sol dan sepanjang tahun merupakan daya tarik wisata internasional, terutama karena iklim dan infrastruktur wisata.

Day 7

Granada

Granada adalah sebuah kota yang merupakan ibu kota provinsi Granada, di dalam kawasan otonomi Andalusia, Spanyol. Secara geografis Granada berada pada kaki gunung Sierra Nevada, berada pada muara dari tiga sungai, yakni Beiro, Darro dan Genil. Berada pada ketinggian 738 meter dari permukaan laut. Dalam jarak yang tidak jauh terdapat Sierra Nevada Ski Station, tempaat di selenggarakanya Kejuaraan Dunia FIS Alpine Ski, sejak tahun 1996.

Alhambra, sebuah Istana megah, Perpustakaan terlengkap dan juga Benteng bagi masyarakat Muslim Spanyol atau yang lebih dikenal sebagai orang-orang Moor, sejak dahulu telah menjadi simbol peradaban Granada. Ini adalah peninggalan bangunan yang paling terkenal dan juga menyimpan kenangan yang memilukan dari warisan Sejarah Islam Andalusia.
 
Granada merupakan kota yang bersinar terang karena kemilau cahaya kemajuan ilmu pengetahuan ketika kota-kota besar lain di Eropa masih terkungkung dengan kegelapan. Saat ini Granada merupakan sebuah tujuan favorit bagi wisatawan lokal Spanyol. Almohad yang memberi pengaruh seni arsitektur saat ini masih tetap di jaga di wilayah pusat kota yang biasa disebut Albaicin sebagai contoh terbaik bangunan Moor(masyarakat muslim) dan Morisco. Granada juga terkenal di seantero Sapnyol dengan Universitas Granada. 

Day 8

Granada - Cordoba - Sevilla

Kordoba, juga dikenal sebagai Kordova (Bahasa Arab : قرطبة), adalah ibukota Provinsi Kordoba, Andalusia, Spanyol selatan. Kordoba terletak di sebelah Sungai Guadalquivir
kota ini telah didirikan oleh Claudius Marcellus dengan nama Corduba pada zaman Romawi Kuno. Kota modern yang berukuran sederhana ini memiliki banyak bangunan peringatan berarsitektur menarik dari zaman ketika Córdoba merupakan ibukota yang berkembang maju di bawah Kekhalifahan Kordoba yang memerintah hampir seluruh Semenanjung Iberia. Diperkirakan Kordoba, dengan jumlah penduduk sampai 500.000 orang ketika itu, merupakan kota kedua terbesar di dunia pada abad ke-10, setelah Bizantium.


Sevilla (dibaca Seviya) atau Seville merupakan kota terbesar keempat Spanyol.

Kota ini merupakan ibu kota wilayah otonomi Andalusia. Bermuara di Sungai Guadalquivir. Sevilla pada masa Hispalis kuno, sudah menjadi kota yang cukup besar pada zaman Romawi Julius Caesar ketika ia menjadi sebuah koloni Roma dengan nama Julia Romula.

Sevilla adalah salah satu kota paling penting dalam sejarah Spanyol dari zaman dahulu budaya lokal mendominasi, awalnya diidentifikasi Tartessian dan, setelah kehancurannya disebabkan oleh Carthaginians memberi jalan ke kota Romawi Hispalis, bersama membangun koloni Italica.

Masa kerajaan Visigothic berkuasa Di Al-Andalus, kemudian invasi Muslim 711 atas permohonan Gubernur Julian pada Gubernur Musa bin Nusair, adalah rumah pertama Cora kemudian ibu kota kerajaan Taifa. Pada tahun 844 Viking mencoba menaklukkan kota Sevilla yang berlayar sampai ke sungai Guadalquivir. Namun Emir Cordoba memperkuat sistem pertahanan, Viking tak mampu masuk kembali ke kota pada tahun 859.

Tahun 1248 ia bergabung dengan Kerajaan Kristen dari Castile, yang ditaklukkan pada masa pemerintahan Ferdinand III, sekaligus orang pertama yang dikuburkan di Katedral Seville. Sejak itu Seville, dimukimkan oleh bangsawan Spanyol, sebagai ibukota Kerajaan.

Day 9

Sevilla -Toledo - Madrid

Toledo (bahasa Latin: Toletum; bahasa Arab: طليطلة Ṭulayṭela) adalah sebuah kota dan munisipalitas yang terletak di tengah-tengah Spanyol, 70 km di sebelah selatan Madrid. Kota ini merupakan ibu kota provinsi Toledo dan komunitas otonom Castile-La Mancha.

Kota ini ditetapkan menjadi Situs Warisan Dunia UNESCO pada tahun 1986 oleh karena warisan budaya dan monumentalnya sebagai bekas ibu kota Kekaisaran Spanyol dan tempat percampuran budaya Kristen, Yahudi, dan Moor pada masa Al-Andalus.

Kota ini penting dari zaman Romawi hingga abad ke-18. Banyak tokoh-tokoh terkenal lahir di kota ini, termasuk El Greco dan Alfonso X.


Madrid adalah ibu kota dan kota terbesar di Spanyol. Kota ini terletak di Sungai Manzanares di bagian tengah negara Spanyol. Jumlah penduduk kota seluas 607 km² ini adalah 3,228 juta jiwa (Juli 2005), sedangkan bila daerah metropolitannya dihitung dapat mencapai 5,843 juta jiwa. Letak dan sejarah Madrid membuatnya menjadi pusat kegiatan finansial dan politik di Semenanjung Iberia, terlebih setelah kembalinya demokrasi pada 1975 dan integrasi ke dalam Uni Eropa.

Madrid sudah menjadi ibu kota Spanyol sejak abad ke-17. Dulu Madrid bernama Magerit yang diambil dari bahasa Arab dan berarti ‘tempat dengan banyak aliran sungai’. Selain itu Magerit juga nama dari benteng yang dibangun di Sungai Manzanares pada abad 9 M. Beberapa orang juga mempercayai bahwa nama Madrid saat ini berasal dari kota Kekaisaran Romawi abad 2 SM yang disebut Matrice.

Simbol Madrid yang terletak di Puerta del Sol adalah seekor beruang memakan buah berry dari pohon madroño. Simbol tersebut merupakan metafor dari kemakmuran Madrid dan mewakili kepemilikan kayu untuk pembangunan gedung. Madrid termasuk kota terkaya di Eropa dan paling mahal terutama dalam harga properti.

Madrid terletak pada dataran tinggi di tepian Sungai Manzanares. Dengan ketinggian 650 meter di atas permukaan laut menjadikannya sebagai ibu kota tertinggi di Eropa.

Day 10

Madrid - Barcelona

Barcelona adalah sebuah kota terbesar kedua di Spanyol dan merupakan ibu kota wilayah otonom Katalonia.
Berdiri pada 230 SM sebagai salah satu kota Kerajaan Romawi, di zaman pertengahan Barcelona menjadi ibu kota County Barcelona. Setelah bergabung dengan Kerajaan Aragon, Barcelona menjadi kota yang penting bagi Crown of Aragon. Barcelona memiliki sejarah budaya yang kaya dan saat ini menjadi pusat budaya pentong dan destinasi turis utama. 

Barcelona kehilangan kekuatannya saat Napoli menjadi ibu kota kerajaan Katalan-Aragon pada tahun 1442, dan jatuh lagi bersama kebangkitan Turki Utsmani di Mediterania. Pangeran Karl III dari Austria diizinkan mendirikan pengadilan di Barcelona pada tahun 1705, setelah Perang Suksesi Spanyol mendudukkannya ke atas singgasana Spanyol. Barcelona pun makmur bersamaan dengan perkembangan industri katun setelah Felipe V dari Spanyol merebutnya pada tahun 1714.

Barcelona merupakan salah satu pusat ekonomi, pariwisata, pameran, olahraga, dan budaya dunia. Semua ini berkat statusnya sebagai salah satu kota global utama dunia.

Day 11 - 12 : Barcelona - Jakarta

Share on:
  •  
  •  
  •  
  •  
  •