Indonesia World Sufi Forum

PEKALONGAN – Dalam acara Closing Ceremony World Sufi Forum (Forum Ulama Sufi Internasional), Rais Aam JATMAN, Habib Luthfi bin Yahya selaku Rais Al Muntada As Sufi al ‘alamy (Ketua Forum Ulama Sufi Internasional) menyampaikan harapannya di Gedung Pertemuan Umum (GPU), Kajen, Pekalongan (10/4).

“Ini adalah amanah dari Allah SWT, yang tidak bisa kita abaikan dan sepelakan untuk mengangkat at thariqah fil ‘alam, ucap Mustasyar PBNU tersebut.

Beliau berharap para ahlith thariqah baik itu mursyid dan khalifah thariqah akan menjadi para guru yang menjadi teladan serta mampu menjadi juru damai di berbagai belahan dunia.

“Para mursyid thariqah dan khalifah thariqah yang bisa ishlahil ummah (memperbaiki umat) wa ishlahil wathan (memperbaiki tanah air) waddifa’ ‘anil wathan (membela negara),” tegas Rais Aam Jam’iyyah Ahlith Thariqah Al Mu’tabarah An Nahdliyyah (JATMAN).

Beliau meyakini bahwa dengan peranan-peranan ulama ahli tasawuf yang senantiasa mendahulukan kasih sayang, insya Allah akan berhasil di negaranya masing masing.

Selaku warga negara Indonesia, Habib asal Pekalongan ini berharap agar para ulama, para mursyidin yang ada di Indonesia ini jangan sampai terlibat masuk ranah konflik politik ataupun yang akan memecah belah umat.

“Mari kita junjung bersama-sama harga diri bangsa, kehormatan bangsa, jati diri bangsa untuk perdamaian seluruh dunia,” tutup beliau. (eep)